foto Selfie



Selfie artinya adalah aksi memotret diri sendiri. Demikian menurut Kamus Oxford. Tahun lalu kata ‘Selfie’ bahkan dinobatkan sebagai Word of The Year oleh Oxford Dictionaries. Penggunaan kata tersebut meningkat hingga 17 ribu persen dalam setahun terakhir.
Kamus Oxford sendiri mendefinisikan Selfie sebagai ‘aktivitas seseorang yang memotret dirinya sendiri, umumnya menggunakan ponsel atau webcam, kemudian mengunggahnya ke situs media sosial’. Jika menilik apa yang terjadi pada tahun lalu, foto Selfie memang mejangkit pengguna internet.
Tidak hanya pengguna biasa, pengguna ‘luar biasa’ pun terjangkit. Sebut saja ulah beberapa pemimpin dunia macam Barack Obama hingga Presiden SBY. Kedua pede menjepret diri sendiri dan mengunggah di internet.
Mengutip beberapa sumber, kata ‘Selfie’ atau ‘self-potrait’ pertama kali dipakai pada tahun 1839. Kala itu Robert Cornelius adalah orang pertama di dunia yang lakukan itu. Ketika zaman kamera polaroid ngetren di tahun 70-an, Andy Warhol juga lakukan itu. Ia kemudian dikenal sebagai orang ke-2 di dunia yang menjepret foto Selfie.
Tahun 2002, sebuah forum online Australia kata ‘Selfie’ digunakan untuk menyebut foto seorang pria yang tunjukkan wajahnya yang cidera akibat tersandung. Pria di foto itu menulis deskripsi jika fotonya tak fokus bukan karena ia mabuk. Ia sengaja lakukan Selfie.
Memotret diri sendiri kemudian dipajang di internet adalah salah satu aktivitas jagad maya yang masuk dalam kategori narsisme. Pengguna selain ‘pamer’ diri juga ingin mendapat perhatian dari siapa saja yang melihat foto itu. Apakah Selfie bisa dikatakan sebagai tabiat orang narsis yang kurang pede?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar:



hai shobat........ jangan lupa untuk memberikan komentar anda !!!!

Terima kasih,atas waktunya untuk berkunjung ke dunia-fb.blogspot.com
terima kasih